Rabu, 06 Juni 2012

Renungan Harian 07/06/2012

Allah & roh Manusia

Ayat bacaan: 1 Korintus 3:10-23

Allah meneyertakan langit dengan bumi dengan roh manusia. Langit begitu luas, yang sangat indah dan mengagumkan, yang dapat menampilkan kepada kita matahari, bulan dan bintang dan semua benda langit ini setara dengan roh manusia.
Bumi yang sangat ajaib, di mana terdapat banyak sekali keindahan alam, seperti air terjun, taman, hutan lindung dan keindahan alam dan sebagainya. Di mana juga terdapat begitu banyak tanaman yang sangat indah, tempat tempat hewan-hewan yang sangat indah, bumi yang sangat menakjubkan ini disamakan dengan roh yang ada dalam manusia. Jadi jangan meremehkan roh kita Sob. Mengapa roh kita begitu berharga di mata Tuhan?? mengapa roh ini bisa disejajarkan dengan langit dan bumi? Karena roh manusia inilah tempat berhuninya Allah pada manusia. FirTu bilang pada Yoh 14:17: .... sebab Ia meneyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. Allah diam di dalam roh kita Sob, Dia gak diam di tempat yang indah, Ia memilih diam di dalam manusia berdosa dan lemah seperti kita. Paulus menulis kepada jemaat di Korintus "Tidak tahukan kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?" (1 Korintus 3:16). Allah yang melalui proses (turun ke dunia, mati, bangkit dan menjadi Roh Kudus) ini berjuang untuk bisa berhuni dalam manusia. Kita perlu bersyukur untuk Allah yang sudah melalui proses ini, sungguh menakjubkan.

Saat kita menerima Kristus, maka Ia yang adalah Roh berbaur ke dalam roh kita, sehingga kita dan Allah adalah satu, Allah satu dengan kita, gak ada yang dapat memisahkannya. Inilah persatuan yang paling menakjubkan di alam semesta. Kita perlu menyadari keadaan ini, sehingga kita akan penuh ucapan syukur dan kita akan membagikan berita bahagia ini kepada banyak orang. Manusia sangat spesial karena ada roh, roh inilah yang merupakan tempat berdiamnya Allah. Tuhan kami sangat berterima kasih, Engkau gak mau tinggal dalam istana megah, Engkau gak mau tinggal di gunung yang kudus ataupun tempat yang gak bisa didatangi manusia, namun Engkau mau tinggal di dalam roh kami. (IBO)

"Allah gak memilih tempat lain untuk berdiam. Dia memilih diam di dalam roh kita"


"Future Generation" edisi Juni 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar