Rabu, 13 Juni 2012

Renungan Harian 14/06/2012

Kirbat Yang Baru

Ayat bacaan: Matius 9:14-17

Pernah denger kata kirbat, Sob? Zaman dulu nih, orang menyimpan anggur di dalam sebuah kantong yang terbuat dari kulit. Kantong ini disebut kirbat. Bila kantong ini sudah tua, maka kantong ini gak bisa dipake buat menyimpan anggur yang baru. Firtu berkata "Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itu pun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya."

Apa maksudnya? Bila kita ingin menerima segala sesuatu yang baru dari Tuhan, baik itu hidup yang baru, berkat yang baru maupun pola hidup yang baru dalam Kristus, maka harus ada pembaruan hidup. Kita gak akan bisa mempertahankan kebiasaan-kebiasaan lama dan cara pandang yang lama. Semua itu benar-benar harus diganti dengan yang baru yaitu cara pandang yang sesuai dengan cara pandang Kristus kebiasaan-kebiasaan yang sesuai dengan firman Tuhan. Kalo kita masih tinggal di kebiasaan-kebiasaan lama kita dan pola pikir kita cenderung berpusat pada diri sendiri maka anggur yang baru itu akan rusak dan terbuang percuma. Coba cek hidup kita Sob, apakah kita masih pake kirbat yang sama? Susah emang kalo suruh ninggalin segala kebiasaan-kebiasaan kita yang udah lama banget kita lakukan, tapi kita pasti bisa kok. Stop deh ngelakuin hal-hal sia-sia yang gak ada gunanya, stop juga melakukan dosa.

Kalo hal-hal lama yang masih kita bawa setiap hari, maka gak akan ada hal-hal baru yang Tuhan curahkan. Terobosan terjadi ketika kita mau meninggalkan kirbat yang lama atau kehidupan yang lama. Berikan diri kita untuk diperbaharui oleh Tuhan. Jalani proses pembaharuan itu setiap hari, meski gak enak buat daging tapi baik buat roh kita. Nikmati curahan anggur yang baru dari Tuhan!! (Eve)

"Anggur baru tercurah bila kirbat baru sudah siap"


"Future Generation" edisi Juni 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar