Jumat, 08 Juni 2012

Renungan Harian 09/06/2012

Roh Terlatih

Ayat bacaan: Yohanes 4:1-42

Fgers, manusia ini disebut makhluk tripartite, karena memiliki roh, jiwa dan tubuh. Tubuh digunakan untuk berkontak dengan hal-hal fisik, jiwa dipakai untuk berkontak dengan sesuatu yang bersifat psikis/kejiwaan dan roh kita hanya bisa berkontak dengan sesuatu yang bersifat roh. Bagian yang satu gak bisa menjamah yang lain, tubuh gak bisa berkontak dengan jiwa, semuanya udah ada bagiannya.
Sejak kecil sampe dewasa, kita sudah diisi dengan pengetahuan mana yang baik dan jahat. Kita juga masuk dunia pendidikan bertahun-tahun dan kita diisi dengan banyak sekali pengetahuan. Kita sangat terlatih menggunakan jiwa kita, karena semua pengetahuan tadi ditampung pada pikiran kita. Kita sangat terlatih menggunakan jiwa kita (pikiran, perasaan dan tekad kita), namun kita sangat gak terlatih dalam menggunakan roh kita, padahal roh kita inilah yang dapat menjamah Tuhan.

Bila ada suatu masalah, maka kita akan langsung berpikir untuk menyelesaikannya dengan cara sendiri, kita lupa berdoa. Juga bila kita dihadapkan dengan beberapa pilihan maka kita langsung mengingat pengalaman kita dan lupa dengan Firman Tuhan, sehingga banyak sekali kehidupan kita yang berantakan. Itu karena kita gak menggunakan roh kita. Bila kita pake roh kita dan menjamah Tuhan maka kita akan berada dalam jalurNya Tuhan.
Banyak pengalaman kita membuktikan saat kita berdoa, bertanya pada Tuhan, maka suatu masalah akan ada jalan keluarnya. Itu semua karena kita menggunakan roh kita dan menjamah Tuhan. Kita harus belajar menggunakan roh kita, supaya jiwa kita semakin tertekan dan rohlah yang memimpin kita. Gak ada seorang pun yang gak berdosa, hanya Allah yang gak berdosa, sebab itu kita harus senantiasa bertanya kepada Tuhan, menanyakan rencana kita kepada Tuhan, membawa kekhawatiran kita kepada Tuhan, beginilah cara termudah untuk melatih roh kita. Kita perlu bersyukur karena Allah yang adalah Roh itu ada pada kita. (IBO)

"Latihlah roh kita dengan memberi diri dipimpin oleh Tuhan"


"Future Generation" edisi Juni 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar